MEMBACA
MEMINDAI
Membaca
Memindai Grafik dan Jadwal Perjalanan Kereta Api

Disusun
Guna Melengkapi Salah Satu Mata Kuliah Bahasa Indonesia
Dosen
pengampu : Henny
Yoehana,
S.Pd. M.Pd
Oleh
Nama : Rina Nofiana
NPM : 12120328
Kelas : 5G
PROGRAM
STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PGRI SEMARANG
2014
Membaca memindai
1. Contoh membaca memindai
grafik

Langkah – langkah membaca
grafik :
1.
Amati judul grafik,
2.
Amati lajur kanan, kiri, dan bawah,
3.
Temukan benda yang mencolok pada data tersebut, dan
4.
Tarik kesimpulan dari data yang disampaikan.
Siswa diminta membaca 10 pernyataan dari grafik penerimaan siswa baru di
SMA N 2 Pati, contoh kesimpulan yang bisa diambil dari grafik diatas sebagai
berikut:
1. Berdasarkan tabel diatas, pendaftar
mencapai angka tertinggi terdapat pada tahun 2007/2008
2. Sedangkan untuk pendaftar terendah
terjadi pada tahun setelahnya yaitu 2008/2009
3. Meskipun tahun sebelumnya terjadi
pendaftar terendah dari tahun 2003/2004-2009/2010, namun tahun 2009/2010
merupakan jumlah pendaftar tertinggi kedua dari 2 tahun sebelumnya.
4. Setiap tahun jumlah pendaftar
mengalami kelajuan naik turun mulai tahun 2003/2004 sampai dengan tahun
2009/2010.
5. Pada tahun 2005/2006 dan tahun
2006/2008 terjadi pendaftar yang tidak signifikan.
6. Pendaftar dari tahun ketahun yang
mengalami peningkatan paling tinggi adalah tahun 2008/2009 ke 2009/2010.
7. Pendaftar yang diterima tahun
2008/2009 dan tahun 2009/2010.
8. Pendaftar yang diterima terandah
dari tahun 2003/2004 sampai 2009/2010 adalah tahun 2007/2008
9. Sedangkan tahun 2004/2005 merupakan
tahun yang menerima siswa terendah dari tahun-tahun yang lain.
10. dari grafik diatas, untuk pendaftar
tertinggi terjadi pada tahun 2007/2008 dan terendah 2008/2009.
Penilaian
membaca memindai grafik
NO
|
ASPEK
|
KRITERIA
|
|||
4
(baik sekali)
|
3
(baik)
|
2
(cukup)
|
1
(perlu bimbingan)
|
||
1
|
Intonasi
|
Siswa sangat jelas
dalam membaca grafik dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan
|
Siswa jelas dalam membaca grafik dan sesuai
dengan prosedur yang di telah tetapkan
|
Siswa cukup jelas
dalam membaca grafik dan kurang sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan
|
Siswa kurang jelas
membaca grafik dan tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan
|
2
|
Artikulasi
|
Siswa sangat baik
dalam mengucapkan kalimat dan sesuai dengan isi grafik
|
Siswa baik dalam
mengucapkan kalimat dan sesuai dengan isi grafik
|
Siswa cukup baik
dalam mengucapakan kalimat dan kurang sesuai dengan isi grafik
|
Siswa kurang baik
dalam mengucapkan kalimat dan kurang sesuai dengan isi grafik
|
3
|
Penggunaan Bahasa
|
Siswa dapat
menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar
|
Siswa dapat
menggunakan bahasa Indonesia dengan baik
|
Siswa dapat
menggunakan Bahasa Indonesia cukup baik
|
Dalam menggunakan
Bahasa Indonesia kurang baik
|
4
|
Pengetahuan
|
Siswa dapat
menyebutkan seluruh dari isi grafik dengan benar
|
Siswa dapat
menyebutkan sebagian besar dari isi grafik dengan benar
|
Siswa dapat
menyebutkan sebagian kecil dari isi grafik dengan benar
|
Siswa tidak dapat
dapat menyebutkan isi dari grafik
|
2.
Membaca memindai jadwal
kereta api


Sumber: Kompas, 29
Maret 2007
Cara
membaca jadwal kereta api mulai dari kolom paling kiri : nama
kereta
kerata, berangkat, tiba di tempat tujuan dan tiba kembali ke stasiun
semula.
Contoh
: Jadwal kereta api stasiun Tugu Yogyakarta Kereta api Fajar
Utama
berangkat pukul 08.00 dan tiba di Jakarta pukul 15.37. Kereta api
Fajar
Utama tiba di Yogyakarta dari Jakarta pukul 14.00.
1. Jelaskan jadwal kereta api Fajar Utama dan Lodaya!
2. Pukul berapakah kereta api Senja Utama Solo dari Jakarta tiba
di
Yogyakarta?
3. Sebutkan rute perjalanan kereta api Gajayana secara lengkap!
4. Sebutkan kereta api dengan tujuan kota berbeda yang berangkat
dari
Stasiun Tugu Yogyakarta!
5. Apa yang dapat kamu jelaskan dari kereta api Pramek?
6.
Baca dan tulislah kereta
api yang keberangkatannya dari Jakarta dan tiba tiba di Yogyakarta?
(baca jadwal kereta api dan tulislah jawaban pada buku tugas masing-masing
)
Penilaian
membaca memindai jadwal kereta api
NO
|
ASPEK
|
KRITERIA
|
|||
4
SB
|
3
B
|
2
C
|
1
K
|
||
1
|
Pengetahuan
dan ketepatan membaca
|
v Siswa dapat
membaca jadwal kereta api secara lengkap sesuai dengan pertanyaan yang ada
v Siswa dapat
menulis jawaban dengan sangat rapi dan mudah dibaca
|
v Siswa dapat
membaca jadwal kereta api 75% lengkap
sesuai dengan pertanyaan yang ada
v siwa dapat
menulis jawaban dengan rapi dan mudah dibaca
|
v Siswa dapat
membaca jadwal kereta api 50%% lengkap
sesuai dengan pertanyaan yang ada
v siwa dapat
menulis jawaban cukup rapi dan cukup mudah dibaca
|
v Siswa dapat
membaca jadwal kereta api 50%% lengkap
sesuai dengan pertanyaan yang ada
v siwa dapat
menulis jawaban kurang rapi dan kurang mudah dibaca
|
Keterangan:
-
SB : Sangat Baik - C : Cukup
-
B : Baik - K : Kurang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar