Rabu, 10 Desember 2014

penilaian dalam membaca memindai

MEMBACA MEMINDAI
Membaca Memindai Grafik dan Jadwal Perjalanan Kereta Api 






Disusun Guna Melengkapi Salah Satu Mata Kuliah Bahasa Indonesia
Dosen pengampu : Henny Yoehana, S.Pd. M.Pd
     Oleh
Nama                 : Rina Nofiana
NPM                  : 12120328
Kelas                  : 5G
PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2014


Membaca memindai
1.  Contoh membaca memindai grafik
Langkah – langkah membaca grafik :
1.      Amati judul grafik,
2.      Amati lajur kanan, kiri, dan bawah,
3.      Temukan benda yang mencolok pada data tersebut, dan
4.      Tarik kesimpulan dari data yang disampaikan.

Siswa diminta membaca 10 pernyataan dari grafik penerimaan siswa baru di SMA N 2 Pati, contoh kesimpulan yang bisa diambil dari grafik diatas sebagai berikut:
1.      Berdasarkan tabel diatas, pendaftar mencapai angka tertinggi terdapat pada tahun 2007/2008
2.      Sedangkan untuk pendaftar terendah terjadi pada tahun setelahnya yaitu 2008/2009
3.      Meskipun tahun sebelumnya terjadi pendaftar terendah dari tahun 2003/2004-2009/2010, namun tahun 2009/2010 merupakan jumlah pendaftar tertinggi kedua dari 2 tahun sebelumnya.
4.      Setiap tahun jumlah pendaftar mengalami kelajuan naik turun mulai tahun 2003/2004 sampai dengan tahun 2009/2010.
5.      Pada tahun 2005/2006 dan tahun 2006/2008 terjadi pendaftar yang tidak signifikan.
6.      Pendaftar dari tahun ketahun yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah tahun 2008/2009 ke 2009/2010.
7.      Pendaftar yang diterima tahun 2008/2009 dan tahun 2009/2010.
8.      Pendaftar yang diterima terandah dari tahun 2003/2004 sampai 2009/2010 adalah tahun 2007/2008
9.      Sedangkan tahun 2004/2005 merupakan tahun yang menerima siswa terendah dari tahun-tahun yang lain.
10.  dari grafik diatas, untuk pendaftar tertinggi terjadi pada tahun 2007/2008 dan terendah 2008/2009. 
Penilaian membaca memindai grafik


NO


    ASPEK
KRITERIA
            4
   (baik sekali)
              3
           (baik)
           2
       (cukup)
           1
(perlu   bimbingan)
1
Intonasi
Siswa sangat jelas dalam membaca grafik dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan
Siswa  jelas dalam membaca grafik dan sesuai dengan prosedur yang di telah tetapkan 
Siswa cukup jelas dalam membaca grafik dan kurang sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan
Siswa kurang jelas membaca grafik dan tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan
2
Artikulasi
Siswa sangat baik dalam mengucapkan kalimat dan sesuai dengan isi grafik
Siswa baik dalam mengucapkan kalimat dan sesuai dengan isi grafik
Siswa cukup baik dalam mengucapakan kalimat dan kurang sesuai dengan isi grafik
Siswa kurang baik dalam mengucapkan kalimat dan kurang sesuai dengan isi grafik
3
Penggunaan   Bahasa
Siswa dapat menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar
Siswa dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik
Siswa dapat menggunakan Bahasa Indonesia cukup baik 
Dalam menggunakan Bahasa Indonesia kurang baik
4
Pengetahuan
Siswa dapat menyebutkan seluruh dari isi grafik dengan benar
Siswa dapat menyebutkan sebagian besar dari isi grafik dengan benar
Siswa dapat menyebutkan sebagian kecil dari isi grafik dengan benar
Siswa tidak dapat dapat menyebutkan isi dari grafik

2.   Membaca memindai jadwal kereta api
Sumber: Kompas, 29 Maret 2007

Cara membaca jadwal kereta api mulai dari kolom paling kiri : nama
kereta kerata, berangkat, tiba di tempat tujuan dan tiba kembali ke stasiun
semula.
Contoh : Jadwal kereta api stasiun Tugu Yogyakarta Kereta api Fajar
Utama berangkat pukul 08.00 dan tiba di Jakarta pukul 15.37. Kereta api
Fajar Utama tiba di Yogyakarta dari Jakarta pukul 14.00.
1.      Jelaskan jadwal kereta api Fajar Utama dan Lodaya!
2.      Pukul berapakah kereta api Senja Utama Solo dari Jakarta tiba
di Yogyakarta?
3.      Sebutkan rute perjalanan kereta api Gajayana secara lengkap!
4.      Sebutkan kereta api dengan tujuan kota berbeda yang berangkat
dari Stasiun Tugu Yogyakarta!
5.      Apa yang dapat kamu jelaskan dari kereta api Pramek?
6.      Baca dan tulislah kereta api yang keberangkatannya dari Jakarta dan tiba tiba di Yogyakarta?
(baca jadwal kereta api dan tulislah jawaban pada buku tugas masing-masing )

Penilaian membaca memindai jadwal kereta api
NO
ASPEK
KRITERIA
 4
SB
 3
B
2
1
1
Pengetahuan dan ketepatan membaca
v Siswa dapat membaca jadwal kereta api secara lengkap sesuai dengan pertanyaan yang ada

v Siswa dapat menulis jawaban dengan sangat rapi dan mudah dibaca

v Siswa dapat membaca jadwal kereta api 75%  lengkap sesuai dengan pertanyaan yang ada


v siwa dapat menulis jawaban dengan rapi dan mudah dibaca

v Siswa dapat membaca jadwal kereta api 50%%  lengkap sesuai dengan pertanyaan yang ada

v siwa dapat menulis jawaban cukup rapi dan cukup mudah dibaca

v Siswa dapat membaca jadwal kereta api 50%%  lengkap sesuai dengan pertanyaan yang ada

v siwa dapat menulis jawaban kurang rapi dan kurang mudah dibaca

Keterangan:
-          SB : Sangat Baik                         -    C : Cukup
-           B  : Baik                                        -    K : Kurang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar