PERANGKAT PEMBEAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) DAN SILABUS
KELAS 6 SEMESTER I
(PELESTARIAN MAKHLUK HIDUP)
Disusun
Guna Melengkapi Salah Satu Mata Kuliah Praktek
Mengajar IPA
Dosen
pengampu : Fine Reffiane, S.Pd. M.Pd
Oleh
Nama : Rina Nofiana
NPM : 12120328
Kelas : 5G
PROGRAM
STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PGRI SEMARANG
2014
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD N Bakalan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : VI / 1
Materi Pokok : Pelestarian
Makhluk Hidup
Waktu :
4 x 45 menit
Metode :
Ceramah dan diskusi
A.
Standar
Kompetensi :
4. Memahami
pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
B.
Kompetensi
Dasar
4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan
tumbuhan yang mendekati kepunahan
C. Indikator
4.2.1 Mengelompokkan jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati
kepunahan
4.2.2 Menyebutkan hewan dan tumbuhan
yang dilindungi
D.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Siswa dapat Menyebutkan hewan dan tumbuhan yang hampir
punah
2.
Siswa dapat Menyebutkan hewan dan tumbuhan yang
dilindungi
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
E.
Materi
Essensial
Jenis hewan dan
tumbuhan yang dilindungi dan yang hampir punah
F.
Media
Belajar
1. Buku SAINS SD Relevan Kelas VI
G.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
I.
Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
1.
Menagih
tugas pertemuan sebelumnya
2.
Menyampaikan
Tujuan Pembelajaran dan
kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
II. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Siswa
dapat Memahami tumbuhan
langka dan hewan langka
2. Siswa dapat menyebutkan tumbuhan dan
hewan yang dilindungi
3. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, dan
4. memfasilitasi
peserta didik melakukan analisis
dengan menggunakan gambar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.
Berdiskusi mengenai pengelompokan hewan dan tumbuhan dilindungi dan yang
hampir punah
2.
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan
masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
5.
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun
kelompok;
6.
Mengerjakan
uji kompetensi dan latihan soal.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
III.
Penutup
1.
Memberikan
kesimpulan, pengelompokan hewan langka dan
tumbuhan langka serta jehis-jenis hewan dan tumbuhan.
|
(5 menit)
|
H . Penilaian
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen/soal
|
Mengumpulkan
jenis hewan dan tumbuhan
yang mendekati kepunahan
Menyebutkan hewan
dan tumbuhan yang dilindungi
|
Tugas individu
Tugas Individu
|
Uraian
Objektif
Uraian
Objektif
|
Hewan dan
Tumbuhan apa saja yang mendekati kepunahan
Hewan dan tumbuhan
apa saja yang dilindungi di Indonesia
|
I . Format Kriteria penilaian
1. Prosedur penilaian
a. Prosedur penilaian
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan (terlampir)
2. Instrumen penilaian
a. Penilaian proses
Penilaian
Kinerja
No
|
Nama
|
Aspek
|
jumlah skor
|
keterangan nilai
|
||
Kerjasama
(1-4)
|
Keaaktifan
(1-4)
|
Toleransi
(1-4)
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Jumlah skor =
......................... Kategori
=...........................
Kriteria penilaian:
A = 11-12 (sangat baik)
B = 9-10 (baik)
C = 7-8 (cukup baik)
D =
6 (tidak
baik)
Kategori
pengamatan
|
Kurang baik
(1)
|
Cukup baik
(2)
|
Baik
(3)
|
Sangat baik
(4)
|
ket
|
1. Aspek kerjasama
|
Apabila siswa mengerjakan lembar kerja kelompok
tidak kompak, tidak mengerjakan lembar kelompok bersama-sama, dan hasil kerja
kelompok tidak baik.
|
Apabila siswa mengerjakan lembar kerja kelompok
kompak
|
Apabila siswa mengerjakan lembar kerja
kelompok kompak, dan mengerjakan lembar kelompok mengerjakan
bersama-sama
|
Apabila siswa mengerjakan lembar kerja kelompok
kompak, mengerjakan lembar kelompok
bersama-sama, dan hasil kerja kelompok baik
|
|
2.Aspek
keaktifan
|
Apabila siswa pasif dalam berdiskusi dan tidak
memberi pendapat, diskusi tidak berjalan sehat dan menimbulkan perselisihan
antar anggota kelompok dan hasil kerja kelompok tidak baik.
|
Apabila siswa aktif dalam berdiskusi dan
memberi pendapat
|
Apabila siswa aktif dalam berdiskusi dan
memberi pendapat dan diskusi berjalan sehat dan efektif tanpa perselisihan antar siwa
|
Apabila siswa aktif dalam berdiskusi dan memberi pendapat, diskusi berjalan sehat
dan menimbulkan perselisihan antar anggota kelompok dan hasil kerja kelompok
baik.
|
|
3.Aspek
toleransi
|
Apabila siswa dalam berdiskusi menyampaikan
pendapat tidak sopan, tidak menghargai pendapat teman lain, dan pengambilan
keputusan tidak disepakati bersama-sama.
|
Apabila siswa dalam berdiskusi menyampaikan
pendapat sopan
|
Apabila siswa dalam berdiskusi menyampaikan
pendapat sopan, dan menghargai pendapat teman lain
|
Apabila siswa dalam berdiskusi menyampaikan pendapat
sopan, menghargai pendapat teman lain, dan pengambilan keputusan disepakati bersama-sama.
|
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Jenis tes :
Uraian/essay
·
Bentuk test :
Tertulis
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar